Kantor PEMDA Karawang

Rabu, 10 Agustus 2011

PROFIL DISPERINDAGTAMBEN KABUPATEN KARAWANG

Dalam rangka meningkatkan dan/atau mempertahankan kinerja pembangunan menghadapi perkembangan perubahan lingkungan strategis yang sangat dinamis serta faktor-faktor berpengaruh yang berubah dengan cepat dan sering tidak terduga, maka diwujudkan visi dan misi berbasis pada analisis lingkungan strategis dan isu-isu strategis. Seperti motto Dinas Perindustrian Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang yaitu:
“Serasi dan Berdaya guna” yang artinya bekerja keras secara serasi yang diharapkan karyanya dapat bermanfaat untuk masyarakat Karawang, diharapkan visi Dinas Perindustrian Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang sebagai pemicu bagi seluruh komponen masyarakat (stakeholders), Pemerintah dan Dunia Usaha untuk terus bekerja keras membangun daerah dalam rangka untuk mencapai visi yang dicita-citakan
Visi Jangka Menengah :
Sesuai tugas pokok dan fungsinya, Dinas Perindustrian, Perdagangan,Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang mempunyai rencana strategik yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kendala yang ada atau mungkin timbul. Rencana strategik Dinas Perindustrian, Perdagangan Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang yang mencakup Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Kebijakan serta cara pencapaian tujuan dan sasaran tersebut akan diuraikan dalam bab ini, kemudian sasaran yang ingin dicapai dalam tahun 2011 akan dijelaskan dalam Rencana Kinerja (Performance Plan ) 2011.

Pernyataan Visi
Visi adalah suatu cara pandang ke masa depan yang mengilhami setiap tindakan secara emosional dan memotivasi secara positif untuk mencapai kondisi yang diinginkan dimasa mendatang. Melalui Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, telah memberikan perubahan paradigma baru dalam mekanisme perencanaan pembangunan daerah dengan melibatkan semua komponen masyarakat dalam setiap tahapan perencanaan. Mekanisme perencanaan yang ditempuh yaitu melalui pembahasan dengan melibatkan unsur bidang yang ada dalam lingkungan Dinas Perindustrian, Perdagangan ,Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang dengan nuansa dan semangat baru serta motivasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Karawang.
Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Perindustrian, Perdagangan,Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang serta melihat latar belakang dan mencermati fenomena yang ada, maka Visi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang adalah sebagai berikut :

TERWUJUDNYA INDUSTRI , PERDAGANGAN, PERTAMBANGAN DAN ENERGI YANG TANGGUH UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KARAWANG

Pernyataan Visi Dinas Perindustrian, Perdagangan,Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang mengacu pada pernyataan Visi Pemerintah Kabupaten Karawang, oleh karena Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang merupakan bagian integral dari Pemerintah Kabupaten Karawang, maka sudah selayaknya Visi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang.

Penetapan Makna Visi 

Sementara itu, perencanaan yang optimal dapat dijelaskan sebagai visi untuk mewujudkan suatu proses. mempersiapkan secara sistimatis. kegiatan- kegitan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan efektif dan efesien. Dengan demikian Visi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten menyatakan bahwa Dinas Perindustrian, Perdagangan Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang akan secara harmonis mewujudkan Visi Pemerintah Kabupaten Karawang melalui koridor Cone Businees – nya yaitu pelaksanaan teknis dibidang Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi.

Pernyataan Misi 

Misi adalah suatu keamanan yang kuat suatu organisasi / lembaga dengan memperhatikan kewenangan dan tanggung jawab atas kepentingan umum ( publik ) guna mewujudkan kondisi dan situasi yang diinginkan pada akhir kurun waktu tertentu yang menyiratkan tujuan – tujuan yang harus dicapai sebagai prasyarat terwujudnya Visi.
Terwujudnya Visi yang dikemukakan pada sebagaian sebelumnya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang sebagai bentuk nyata dari Visi tersebut ditetepakanlah Misi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang yang menggambarkan hal yang seharusnya terlaksana, sehingga yang masih abstrak terlihat pada Visi akan lebih nyata pada Misi tersebut. lebih jauh, pernyataan Misi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang memperlihatkan kebutuhan apa yang hendak dipenuhi oleh dinas, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut.
Misi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang ditetapkan sebagai berikut :

MENJADIKAN BIDANG INDUSTRI, PERDAGANGAN, PERTAMBANGAN DAN ENERGI SEBAGAI PENGGERAK UTAMA RODA PEREKONOMIAN MELALUI PEMBINAAN , PENGEMBANGAN DAN PELAYANAN SERTA PERLINDUNGAN KEPADA MASYARAKAT

2 komentar: